Cara Mengemukakan Pendapat yang Baik


Kebebasan untuk mengemukan pendatan di muka merupakan hak setiap orang, di Indonesia sendiri hal tersebut di atur di dalam UUD 1945 sehingga semua orang tidak perlu takut untuk menyampaikan pendapat yang mereka miliki. Namun pada saat kita menyampaikan pendapat di muka umum, kita harus memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi.

Salah satu tempat untuk kita bisa menyampaikan pendapat yang kita miliki adalah melalui sebuah forum diskusi yang akan lebih nikmat jika di temani dengan segelas teh sariwangi, dengan membuat forum diskusi maka kita bisa saling bertukar pendapat antara peserta diskusi lainnya. Meskipun demikian kita harus tetap mengetahui bagaimana cara untuk mengemukakan pendapat yang baik dan benar, sehingga seluruh anggota diskusi dapat memahami apa yang kita maksud.

Lalu seperti bagaimana ka caranya ? untuk itulah dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan sedikit informasi mengenai menyampaikan pendapat yang baik dalam sebuah diskusi, berikut adalah caranya.

  1. sampaikan pendapat yang anda dengan kata yang sopan, lah ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kesalah pahaman antar anggota. Mengingat semua peserta diskusi pasti memiliki pendapat mereka masing-masing, untuk itulah gunakan tutur kata yang baik dan sopan pada saat menyampaikan pendapat anda.
  2. Setelah berhasil mengemukakan pendapat, hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah berani bertanggung jawab mengenai pendapat yang sudah anda sampaikan. Maksud dari berani bertanggung jawab di sini adalah, kita harus bisa menjawab segala pertanyaan yang akan di ajukan olah para anggota diskusi mengenai pendapat yang telah kita sampaikan sebelumnya
  3. Untuk cara yang selanjutnya adalah jangan terlalu suka memberikan pendapat berlawan dengan anggota diskusi lainnya, karena hal tersebut dapat memunculkan rasa ingin menjatuhkan satu sama lainnya. Lebih baik anda memiliki pendapat yang bersifat menambahkan pendapat yang sebelumnya sudah ada.
  4. Sebelum anda ingin menyampaikan pendapat yang anda miliki, coba pikirkan terlebih dahulu apakah pendapat yang akan saya sampaikan ini memang untuk kebaikan bersama. Jika iya maka sampaikan lah pendapat yang anda miliki tersebut, namun jika ternyata pendapat yang anda miliki tersebut hanya akan menguntungkan satu pihak maka urungkan lah niat anda untuk menyampaikan pendapat tersebut.
  5. Jika lagi ada yang menyampaikan pendapatnya, anda jangan memotong omongan orang tersebut. Lebih baik anda menunggu memomen yang tepat untuk mengemukakan pendapat anda tersebut.
Nah itu lah sedikit informasi yang dapat kami berikan mengenai cara mengemukakan pendapat yang baik pada saat sedang melakukan diskusi bersama terlepas di terima atau tidaknya pendapat yang kita sampaikan sebelumnya semua itu tergantung keputusan bersama kita harus bisa menerima apa saja keputusan yang dihasilkan dari diskusi tersebut

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Resep Makanan yang Cocok untuk Berkumpul